Gigabyte X58-UD4

Written by Program & Lagu on Monday, April 27, 2009


Gigabyte termasuk pabrikan yang agresif merilis motherboard berbasis Intel X58. Tidak tanggung-tanggung, ada 6 varian yang mereka rilis, dipimpin seri EX58-Extreme yang merupakan seri paling mahal. Sedangkan seri X58-UD4 yang kami uji ini merupakan seri menengahnya. Tentu, meski kelas menengah, harganya tetap tidaklah murah (US$ 340). Bandingkan dengan EX58-Extreme yang dibandrol dengan harga tidak kurang dari US$ 440.Karena lebih murah, fitur yang tersedia di motherboard ini juga lebih sederhana. Yang paling kentara adalah motherboard ini tidak mendukung SLI. Namun tenang saja, motherboard ini tetap mendukung CrossFireX, sehingga Anda masih bisa tertarik merakit komputer multi-GPU. Namun di luar faktor SLI, kami tidak melihat perbedaan fasiltias yang berarti antara motherboard ini dengan motherboard lain. Media penyimpanan contohnya, masih berlimpah berkat keberadaan 8 port SATA dan 2 port SATA eskternal.Untuk koneksi juga bervariasi pilihannya, mulai FireWire (versi mini dan reguler), 6 USB, dan sebuah gigabit ethernet.
Sesuai ciri khasnya, Gigabyte menggunakan teknologi Ultra Durable 3 yang sudah diperkenalkan sejak generasi chipset Intel P45. Secara sederhana, tujuan teknologi ini adalah meredam panas pada motherboard. Ada beberapa teknik yang dilakukan, beberapa di antaranya adalah warisan dari Ultra Durable 2. Contohnya penggunaan kapasitor solid buatan produsen Jepang yang lebih tahan panas sehingga umurnya bertahan lebih lama dan lebih mampu menahan beban dalam kondisi overclock. Selain itu juga menggunakan Lower RDS MOSFET yang lebih kecil dan pengunaan choke Ferrite sehingga konsumsi power lebih rendah. Ultra Durable 3 sendiri menambah teknik baru yang disebut 2oz Cooper. Teknik ini intinya menambahkan ketebalan lapisan tembaga pada motherboard, yang efeknya membantu penyebaran panas hingga lebih merata. Keuntungan lain dengan mendisain tebalnya lapisan tembaga pada jalur PCB antara lain menurunkan tingkat konsumsi power, memperbaiki signal pada jalur PCB, serta meningkatkan kestabilan kinerja yang berujung pada kehandalan saat di-overclocking. Bicara overclock, Gigabyte kembali menunjukkan keseriusannya dalam memanjakan penggemar overclock. Di bawah pilihan MB MB Intelligent Tweaker (M.I.T), tersedia menu yang komplit yang memungkinkan Anda “mengoprek” setiap detail motherboard ini. Penambahan voltase bisa dilakukan untuk semua komponen, mulai dari core, uncore, QPI, northbridge, dan soutbridge. Gigabyte juga menyediakan menu untuk mengatur voltase per kanal memori.


Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Subscribe in Rojo Add to My AOL Add to netvibes Add to The Free Dictionary Add to Plusmo Subscribe in NewsAlloyAdd to Excite MIXAdd to netomat HubAdd to fwickiAdd to WebwagAdd to AttensaAdd to PageflakesSubscribe in podnovaAdd Softwhere , Mp3, Movie, Artikel, Lyrics, Cerpen, Lowongan kerja to ODEO

Related Posts by Categories



  1. 0 comments: Responses to “ Gigabyte X58-UD4 ”

Post a Comment

Softwhere , Mp3, Movie, Artikel, Lyrics, Cerpen, Lowongan kerja Headline Animator